PERMAINAN TRADISIONAL SALAH SATU SOLUSI KECANDUAN GADGET PADA ANAK ANAK


Tantangan orangtua dan guru di era digital saat ini bertambah. Pasalnya selain harus menjadikan anak mampu mengikuti kemajuan teknologi, upaya mencegah anak-anak agar tidak kecanduan gadget menjadi tantangan tersendiri.

Kemajuan teknologi tak melulu membawa pengaruh positif. Faktanya, banyak anak-anak yang kecanduan gadget hingga mereka harus berakhir dalam perawatan intensif di rumah sakit jiwa.

Efek adiktif dalam penggunaan gadget bisa berkembang menjadi masalah mental yang serius. Hal ini lah yang menggerakan banyak pihak untuk mengambil langkah langkah solutif termasuk dengan menghadirkan kembali permaianan permainan tradisional yang sudah lama hilang dalam keseharian anak.

Sabtu tanggal 19 Oktober 2019 Manageman PT. PAMA PERSADA Sangatta bekerja sama dengan SMPN 4 Sangatta Utara mengadakan lomba-lomba permainan tradisional seperti enggrang, bakiak, dakon, logo, gasing dan lainnya antar SMP se-Sangatta.

SMP YPPSB berkesempatan untuk mengikuti lomba tersebut dengan mengirimkan 2 tim pramuka andalan. Para peserta lomba nampak begitu antusias dan senang sekali bermain serta mengasah keterampilannya dalam menggunakan alat alat permainan yang alami, murah, meriah dan juga massal.

Sejenak mereka lupa akan kepenatan belajar maupun kecanduan mereka akan handphone.

Kepala SMP YPPSB Bapak Deden Lukman dalam kesempatan terpisah mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk mengenalkan permainan tradisional & lebih memasyarakatkannya di sekolah terutama melalui kegiatan pramuka. Hal ini penting untuk mengurangi kejenuhan, menumbuhkan semangat persatuan dan tentu saja menjauhkan para siswa dari hal hal negatif termasuk kecanduan handphone.

Dalam kesempatan Lomba kali ini siswa SMP YPPSB berhasil meraih juara 1 lomba enggrang putri, juara 3 lomba estafet putra, juara 3 lomba logo putra, dan juara 3 lomba dakon putra.
Rencananya kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin setiap tahun.

Ayo YPPSB…YPPSB Bisa..YPPSB Luar Biasa..

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2017 SMP YPPSB. All Rights Reserved | Website powered by Jogja Web Center