Globalisasi merubah dunia pendidikan

17 Apr 2017

Globalisasi masuk kedalam segala bidang di setiap dunia termasuk di indonesia, arus globalisasi mempengaruhi bidang pendidikan di sistem maupun cara mengajar. Globlisasi seperti 2 sisi koin yang berbeda, seperti 1 sisi mengikuti arus globalisasi sangat bermanfaat bagi pendidikan karena informasi dapat dicari dengan mudah serta tidak tertinggal dengan negara lain.

Disisi lain, jika kita memaksakan pendidikan untuk bisa mengikuti globalisasi yang dimana sistem pendidikan belum siap dapat menyebabkan sistem pendidikan tidak menentu tapi kita tidak mengikuti arus globalisasi ini dapat jauh lebih tertinggal dengan negara lain.

Pendidikan merupakan poin utama dalam mamajukan kualitas SDM suatu negara namun di indonesia terjadi masalah kualitas moral anak bangsa yang tidak dapat menyaring budaya yang baik dalam globalisasi Arus globalisasi juga mempengaruhi sistem pendidikan. Jika suatu lembaga pendidikan telah siap mengikuti arus globalisasi, mereka akan mendapat keuntungan yang banyak serta dapat di akui oleh negara lain. Tapi sisi lain jika lembaga pendidikan belum siap, akan kurang mendapat hasil yang maksimal serta seperti berjalan ditempat.

Globalisasi dapat membuat kesenjangan antar lembaga pendidikan semakin terlihat. Seperti, pemerataan mutu pendidikan yang kurang merata. Perpedaan itu terlihat jelas saat pendidikan dipelosok tertinggal jauh dengan pendidikan di kota. Jika pemerintah ingin memajukan mutu pendidikan harus meningkangkatkan dari semua aspek.

Seperti kualitas pendidik yang sepadan serta tersebar di indonesia,materi wajib yang sama tidak melihat lembaga pendidikan berada entah di kota maupun dipelosok, serta kurikulum yang tetap bukan setiap ganti menteri ganti kurikulum dan sebagainya. Setiap perkembangan selalu ada sisi positif dan sisi negatif, seperti globalisasi juga punya sisi tersebut.

Sisi Positif
A. informasi dapat dengan mudah dicari
B. Dapat bersaing dengan negara lain
C. Meningkatkan mutu generasi mendatang yang lebih berkualitas

Sisi Negatif
A. Perkembangan teknologi yang lebih maju membuat generasi muda mengikuti tradisi serba instan
B. Terkikisnya budaya asli dengan budaya dari luar
C. Kesenjangan antara lembaga pendidikan yang maju dan yang berkembang