Sistem Pendidikan di Indonesia

17 Apr 2017

Indonesia merupakan negara berkembang yang mencoba untuk mengembangkan segala aspek terutama dalam bidang pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu utama untuk bisa memajukan generasi selanjutnya yang dapat merubah indonesia lebih baik. Tapi mutu pendidikan masih kalah dengan negara-negara lain bahkan di kawasan asean, hal ini terjadi karena pendidikan di sini tidak jalan dengan maksimal banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Indonesia menganut sistem pendidikan nasional tapi tidak dapat berjalan dengan semestinya tapi terdapat sistem pendidikan terbuka dimana peserta didik dituntut bisa bersaing dengan teman serta dapat berfikir kreatif dan inovatif. Serta indonesia yang memiliki beragam suku,budaya,ras dan agama mebuat sistem pendidikan beragam. Tapi banyak masalah atau menjadi polemik pendidikan disini,seperti:

A.Tidak meratanya pendidikan

Perbedaan sistem dan materi pendidikan dikota berbeda dengan dipelosok yang membuat ketimpangan di pendidikan. Kadang-kadang fasilitas yang kurang memadai menyebabkan jalannya sistem mengajar tidak terlaksana dengan maksimal, serta para tenaga pendidik yang kurang pada daerah pelosok.

1. Masalah Ekonomi

Ekonomi selalu menjadi polemik untuk para generasi muda yang ingin bersekolah tapi masalah finansial menjadi masalah utama walau pemerintah sudah memberi dana BOS untuk membantu mereka yang ingin bersekolah. Tapi tetap masih ada anak anak yang tidak bersekolah maupun tidak melanjutkan karena masalah ekonomi.

C.Sistem Pendidikan

Ganti pemerintah ganti kebijakan. Itu merupakan fakta yang tak terbantahkan. Indonesia sudah berubah selama 9x sejak Rentjana Pelajaran Terurai 1957, sistem pendidikan yang pertama dan yang terbaru kurikulum 2013. memang pada dunia pendidikan selalu ada perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman.  Mendikbud anies baswedan merubah kurikulum 2013 yang masih berjalan 3 semester harus dikembalikan ke KTSP karena dianggap terlalu terburu-buru dan tidak adanya kajian yang menyeluruh. Padahal menteri sebelumnya M.Nuh membuat kurikulum 2013 menghabiskan dana 6 triliun.

Ini membuat para siswa,guru,orang tua siswa dan masyarakat bingung dengan sistem pendidikan yang seperti labil. sistem pendidikan tidak tunduk dengan siapa yang berkuasa karena ini seperti akar yang menjadi penopang utama, semakin kuat akar semakin kokoh batang yang tumbuh. Pendidikan menjadi hal yang penting untuk memajukan generasi ini.

Seharusnya program pendidikan tidak berganti sesuai keinginan setiap menteri karena jika selalu berubah barubah dengan tidak dikaji sebaik-baiknya dapat merugikan dunia pendidikan indonesia karena pendidikan salah satu aspek memajukan bangsa yang utama.