Kajian Keagamaan Rutin Guru Muslim YPPSB

8 Oct 2019Berita

Pengajian rutin guru dan karyawan muslim YPPSB pada bulan Oktober ini mengangkat tema “Kehidupan Sosial di Tempat Kerja”. Ustadz Yanuar Anwari, Lc, M.Ag bertindak sebagai narasumber membahas tentang pentingnya menjaga hubungan antara pemimpin dengan karyawan, serta karyawan dengan karyawan lainnya. Islam megajarkan bahwa setiap muslim wajib menjaga hubungan baik kepada sesama manusia.

Setiap pemimpin harus mampu mengayomi bawahannya dan bawahannya pun harus menghormati pemimpinnya. Selain itu antar sesama karyawan juga harus saling menghargai sehingga tercipta hubungan kerja yang kondusif dan nyaman.

Menjaga hubungan baik antar sesama manusia merupakan cerminan dari akhlak yang baik. Akhlak yang baik ini tidak serta merta ada dalam diri manusia. Alkhlak terbentuk dari ibadah-ibadah yang dikerjakan oleh manusia. Sedangkan ibadah itu sendiri didasarkan pada aqidah yang tertanam di dalam hati manusia. Aqidah, ibadah, dan akhlak dapat diumpamakan sebagai sebuah pohon.

Aqidah merupakan akar dari pohon tersebut. Ibadah (baik wajib maupun sunnah) merupakan batang, ranting, dan daunnya. Sedangkan akhlak adalah buah yang dihasilkan oleh pohon tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa aqidah, ibadah, dan akhlak merupakan inti yang harus dimiliki oleh seorang muslim. Jika ketiga hal tersebut terus terjaga di dalam diri seorang muslim, maka dia akan mampu menciptakan hubungan yang baik antar sesama manusia.

Kategori

Arsip