MELATIH KEMANDIRIAN & DISIPLIN SISWA MELALUI KEGIATAN JAMBORE

8 Oct 2019Perlombaan

Pramuka SMP YPPSB kembali berpartisipasi dalam kegiatan Jambore Ranting yang diadakan oleh Kwaran Sangatta Utara pada tanggal 5 sampai 8 September 2019. Jambore merupakan kegiatan perkemahan pramuka penggalang yang bertujuan untuk berkumpul, bersenang-senang, dan membentuk karakter peserta sesuai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Berbeda dengan Lomba Tingkat yang dikemas dalam bentuk perlombaan, kegiatan jambore ini diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat rekreatif, riang gembira, dan penuh rasa persaudaraan seperti kegiatan anjangsana, pentas seni, bakti masyarakat, wisata pantai, outbound, fun game, serta olahraga bersama. Selain itu peserta jambore juga dibekali dengan materi-materi kecakapan hidup seperti pertolongan pertama, simulasi pemadam kebakaran, memancing, dan banyak kegiatan menarik lainnya.

Meskipun tidak ada kegiatan yang dilombakan, jambore tetap memiliki sisi positif dalam membangun karakter siswa terutama karakter mandiri dan disiplin. Tentu bukan hal yang mudah bagi peserta jambore untuk tinggal jauh dari orang tua yang biasa meladeni semua kebutuhan mereka. Peserta jambore harus mampu mengurus kebutuhannya sendiri, mulai dari mendirikan tenda untuk tempat tinggal, memasak, mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan, serta bekerja sama dengan anggota regu yang lain untuk menyelesaikan tugas-tugas selama berkemah.

Dengan berbagai pengalaman tersebut, diharapkan peserta jambore dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri dan bahkan bermanfaat bagi orang lain.
SMP YPPSB..Cerdas, Disiplin, Santun & Peduli..

Kategori

Arsip