MPLS SMP YPPSB

12 Aug 2018Berita

“Tak Kenal Kata Bosan Untuk Berperilaku Baik Bagi Anak YP”.
Itulah tema Masa Perkenalan Orientasi Siswa (MPLS) di tahun pembelajaran 2018 – 2019 ini. Kegiatan MPLS bagi siswa baru ( calon kelas 7 ) yang berjumlah 241 siswa ini diawali masuk di hari pertama yaitu hari Senin 16 Juli dengan sosialisasi mengenai Tata Tertib Pelaksanaan, bahan-bahan dan peralatan yang harus dipersiapkan menjelang pelaksanaan MPLS.

Pengemasan pelaksanaan MPLS ditahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, ungkap koordinator sie acara Bapak Aunur Rofiq. Bedanya adalah para siswa lebih ditekankan pada praktek-praktek pembiasaan baik di lapangan sebagai wujud dari “Transferring Values”. Lanjut bapak guru Bahasa Inggris ini, misalnya para siswa selalu diingatkan bersihkan kelas dari sampah, buka jendela sebelum kegiatan dimulai, selain itu mereka dibudayakan kerja bakti, sebagaimana hal itu ada di sesi materi Wawasan Adhiwiyata dan mereka juga diajak keliling seluruh bangunan sekolah sembari diberi informasi penggunaan sarana dan prasarana sekolah dengan bijak. Hal yang berbeda ketika para siswa diberi penugasan kerja kelompok membuat alat-alat kebersihan seperti kemoceng, pengkih atau serok sampah dan sapu lidi. Selain memproduksi dari bahan yang mudah di dapat ataupun tak terpakai lagi, mereka juga bisa memanfaaatkan produknya sendiri dalam menjaga kebersihan kelas.

Kegiatan MPLS ini berlangsung dari tanggal 17-19 Juli 2018 dari pukul 08.00 – 14.00 WITA.
Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pematerian baik indoor maupun outdoor. Materi yang diberikan adalah tentang pengenalan sekolah,cara belajar efektif, wawasan Adhiwiyata, penggunaan sarpras dengan bijak, PBB, wawasan kebangsaan, dan bela negara.
Pelaksanaan MPLS ini sebagaimana tahun-tahun sebelumnya juga berkerjasama dengan Koramil Sangatta dalam melatih para siswa PBB secara bergilir tiap level kelas.
Kegiatan ini ditutup dengan lomba Paduan Suara (choir) oleh 3 kelompok terbaik pada hari Jum’at 20 Juli 2018 dilanjut dengan susulan PBB pada tanggal 24 Juli oleh para peserta yang sebelumnya sempat absen.
Kegiatan MPLS yang dipanitiai oleh Bapak Viktor Sattu, Aunur Rofiq, Ibu Vienda, Ibu Chasanah, dan Ibu Erni Nuraeni ini berjalan dengan lancar dan terlaksana sesuai harapan.

Reported by Aunur Rofiq
Sangatta,09 Agustus 2018

Kategori

Arsip