PELATIHAN GURU MATEMATIKA SMP UNTUK MENGUASAI MATERI OSN

8 Oct 2019Berita

Olimpiade Sains Nasional ( OSN) adalah ajang bergensi untuk berkompetisi dalam bidang sains bagi para siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan provinsi dan adalah siswa-siswa terbaik dari provinsinya masing-masing.

Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO – International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002.

Olimpiade Sains Nasional diadakan sekali dalam satu tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

Mengingat pentingnya OSN ini maka YPPSB sudah sejak awal ajang tersebut digelar selalu mengirimkan perwakilan siswa terbaik yang berhasil meraih prestasi hingga tingkat nasional bahkan internasional.

Untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi dalam OSN maka diperlukan berbagai usaha persiapan termasuk dengan menguasai materi materi soal HOTS atau higher order thingking skills yaitu soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang pasti akan diujikan baik dalam OSN maupun Ujian Nasional.

Untuk memfasilitasi hal tersebut maka mulai tanggal 10 hingga 12 September 2019 YPPSB mengadakan Pelatihan Guru Matematika SMP untuk Menguasai Materi OSN. Kegiatan berlangsung di ruang hexagonal YPPSB di jl. Dr Sutomo, Swarga Bara Sangatta. Diikuti 12 orang guru matematika, 5 dari SMP YPPSB dan 7 dari SMP lainnya di Kutai Timur. Kegiatan ini menghadirkan pemateri dari Jogja Science Training ( JST) Jogjakarta.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kutai Timur, ibu Roma Malau dalam sambutannya saat membuka kegiatan menyatakan sangat menyambut baik langkah YPPSB dalam pemberdayaan para guru utamanya dalam pelibatan guru guru non YPPSB dalam kegiatan ini. Hal tersebut menunjukan bahwa YPPSB memilki kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat sekitar utamanya para guru lain yang ada di Kutai Timur.

Ayo YPPSB..YPPSB Bisa..YPPSB Luar Biasa..

Kategori

Arsip