Sarana Belajar Baru Di YPPSB, Tantangan Bagi Para Guru Untuk Makin Berinovasi

17 Feb 2021Berita

Sarana penunjang pembelajaran memang penting namun yang lebih penting lagi adalah “Man Behind The Gun”, siapa dan bagaimana kinerja orang orang yang menjalankan sarana tersebut.

Sarana yang bagus namun jika tidak dioptimalkan, ujung-ujungnya hanya akan menjadi kebanggaan semu yang tidak banyak memberi arti bagi peningkatan kualitas pendidikan. Demikian antara lain sambutan yang disampaikan Pelaksana Tugas Direktur YPPSB Ibu Endah Wulandari saat memberi sambutan dalam acara Peresmian Sejumlah Sarana Baru untuk pembelajaran di YPPSB bertempat di Panggung Kreasi SMP YPPSB, Kamis pagi 11 Februari 2021.

Lebih lanjut Ibu Endah mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan dan terima kasih yang mendalam kepada PT Kaltim Prima Coal (KPC) atas support yang telah diberikan kepada YPPSB termasuk dalam hal pendanaan pembangunan sarana-sarana tersebut. Ditegaskannya, dengan telah tersedianya sarana yang serba lengkap dan modern tersebut merupakan tantangan bagi YPPSB khususnya guru- gurunya untuk mampu mengoptimalkan pemanfaatannya dengan terus berinovasi dan berkreasi memberikan materi pembelajaran terbaik yang menarik, simple dan up to date.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua I YPPSB Ibu Louise G Pessireron mengungkapkan rasa bangga akan kerjasama PT KPC dengan tim YPPSB dalam meremajakan fasilitas sekolah sehingga kedepannya YPPSB selalu menjadi inspirasi bagi sekolah lainnya. Sementara itu, Bapak Iffan Fanani selaku Wakil Ketua II YPPSB dalam sambutannya mengungkapkan harapan agar di tengah pandemi ini siswa-siswi YPPSB tetap berprestasi, serta sarana pembelajaran baru yang akan diresmikan ini nantinya bisa memberi manfaat untuk mendukung kegiatan eksplorasi kecerdasan siswa-siswi YPPSB di bidang mata pelajaran masing-masing.

Demonstrasi lab komputer oleh koordinator lab, Bp. Adi Slamet Prawoto, S.Pd.

Usai sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan peresmian laboratorium secara simbolis dengan pemotongan pita dan melihat langsung demontrasi penggunaan alat dan pemanfaatan sarana-sarana baru tersebut. Kunjungan pertama yaitu kunjungan ke Lab Komputer II SMP yang di demonstrasikan oleh bapak Adi Slamet selaku guru TIK. Pak Adi mendemonstrasikan kecanggihan layanan pendukung dalam proses pembelajaran TIK dengan software canggih yang sangat memudahkan guru dalam pembelajarannya. Wajah kagum terpancar dari para tamu saat menyimak penjelasan pak Adi. Untuk Lab Komputer II SMP ini terdapat 32 unit komputer baru dan 1 unit server pengendali.

Acara kunjungan dilanjutkan ke ke Lab IPA yang sudah direnovasi menjadi laboratorium yang nyaman, lengkap dan ramah anak. Harapannya anak-anak semakin bersemangat saat melakukan praktikum. Disaat bersamaan didemonstrasikan pembelajaran online Fisika lengkap dengan praktik penggunaan alat tentang “Tekanan Hidrostatis pada Pipa U” oleh Bapak Sulik Gunawan bersama murid-murid melalui Google Meet.

Dilanjutkan dengan mengamati Stomata pada tumbuhan Rhoeo Discolor menggunakan mikroskop terbaru yang terkoneksikan dengan Smart TV oleh Ibu Chasanah selaku guru biologi SMP. Terakhir, para tamu dimanjakan oleh tayangan Multimedia SD 2 dari Pak Asep Riansyah Muslim, Koordinator lab Komputer SD 2. Ditayangkan beberapa video pembelajaran yg unik dan kreatif. Ruang Studio Multimedia yang berada di TK, SD dan SMP dapat digunakan sebagai media informasi dan publikasi ke masyarakat, penyelenggarakan webinar, podcast, termasuk untuk sarana pelatihan guru membuat konsep dan cara mengedit video.

Diharapkan dengan adanya sarana sarana baru untuk pembelajaran ini dapat meningkatkan mutu pembelajaran para guru dan siswa di YPPSB.

Oleh: Zares Melia

#YPPSBSekolahParaJuara

Kategori

Arsip